Monday, December 14, 2009

Cara mencari siaran Parabola



Jika anda memiliki parabola, jangan takut memencet remote anda, karena siaran yang hilang bisa dicari sendiri. Cari nama siaran TV yang hilang, dan lebih baik jika mengetahui dari negara mana siaran TV tersebut. Lalu anda bisa mengunjungi website berikut:
http://www.lyngsat-address.com/

Kemudian cari apakah itu siaran Hongkong, China, Indonesia, India atau lainnya,  dan klik di nama siaran TV tersebut. Kemudian anda bisa cek jenis satelit yang digunakan pada siaran anda dengan mengklik "Info" pada siaran TV yang berbeda namun masih dalam satu satelit.

Contoh:
Satelit: Palapa D
Siaran: RCTI, SCTV, Metro TV, Indosiar, TPI dll.
Mereka memiliki satelit yang sama dan berasal dari negara Indonesia.

Setelah mengklik jenis satelit tersebut, maka anda bisa mencari nama siaran TV beserta yang perlu dicatat:
1. Freq TP (3745 H = horizontal, V= vertikal)
2. SR FEC, SID-VPID (3125)

Kemudian anda cari program parabola, pastikan posisi parabola sudah benar. Kemudian cari setting atau sattelit, lalu pilih ubah (atau langsung pencet ubah pada channel yang bersangkutan).
Isilah Frekuensi TP dengan Freq TP.
Isilah Simbol Nilai dengan SR FEC, SID-VPID.
Polaritas dengan Horizantal atau Vertikal sesuai Freq TP.
Kemudian Simpan atau search/ cari.


Selain mencari siaran yang hilang, anda juga bisa mencari siaran yang tidak diprogramkan oleh penjual parabola anda. Lihat saja daftar siaran TV yang terdapat di masing-masing satelit, namun pastikan anda berada di kawasan yang sama (pasifik, korea, asia atau lainnya). Bila siaran itu hanya terdapat pada beam yang berbeda dengan kawasan anda, siaran tidak bisa ditangkap oleh parabola anda. Siaran digital yang teracak (encrypted) juga hanya bisa diterima oleh parabola yang membayar siaran langganan atau kabel TV.


Harga parabola sekarang pun tidak terlalu mahal, untuk ukuran standar sekitar Rp1.200.000 dan dapat menerima 150-200 channel. Dengan harga tersebut anda dapat menikmati siaran gratis seumur hidup. Jika dibandingkan dengan TV berbayar dengan biaya langganan 100ribuan setiap bulannya.


It's down, it's fun, Yo!

No comments:

Post a Comment