Sunday, January 30, 2011

Guinea Pig Happy in Vaseline 100% Petroleum Jelly treatment for Itchy (flees or lice)

Happy - berlumuran Vaseline
Si Happy (marmut betina) yang baru saya beli sering menggaruk-garuk badannya. Untungnya tidak ada luka di seluruh badannya, namun sebagian besar bulunya ternyata rontok alias si Happy itu rada botak pitak, terutama di bagian perut bawah, dan sebagian besar badan kecuali kepala. Di atas kepalanya sendiri terlihat bintik-bintik putih seperti ketombe. 
Perawatan terhadap Happy sangat membuat kepala pusing. Karena situasi si Happy yang baru datang ini diduga sedang hamil, perutnya berjendol ke samping kiri dan kanan, mirip seperti Guinea Pig yang sedang hamil (entah sudah berapa minggu). 

Guinea Pig melalui masa hamil selama 60-70 hari. Karena perlu waktu sampai kita sadar bahwa sang marmut sedang hamil dengan perutnya yang membesar, maka sulit ditentukan kapan terjadinya kehamilan pada si Happy. Kemungkinan besar sudah hamil saat dibeli. Sekarang tinggal menunggu setiap saat di bulan Januari atau Februari bisa muncul bayi marmut, yang saya prediksi paling tidak ada 2 bayi.

Kembali ke masalah gatal-gatal, karena kasusnya terjadi pada marmut yang sedang hamil, maka pemberian obat baik obat yang ditelan secara oral maupun yang diteteskan pada kulit perlu pertimbangan lebih besar. Karena dosis dan efek dari obat tersebut mungkin tidak berpengaruh pada marmut yang hamil tapi berpengaruh sangat BESAR pada bayi marmut yang sedang berada di dalam kandungannya. Jadi saya menghindari obat tetes seperti Revolution yang sering digunakan pada anjing dan kucing dan cukup efektif juga pada marmut. Sebagai alternatif, saya gunakan Vaseline 100% Petroleum Jelly yang diolesi ke seluruh tubuhnya terutama yang botak dan ada ketombenya. Pertimbangan yang sama dalam pengobatan marmut (Guinea Pig) kesayangan anda juga berlaku pada marmut yang sedang hamil dan menyusui.

Hasilnya si Happy jadi tidak happy (untuk sementara). hahaha....

Yang tambah pusing lagi ternyata mencari Vaseline ini tidak mudah. Di apotek, toko obat dan supermarket tidak ada yang menjualnya. Sebagai kejutan, di toko online malah ada yang jual walaupun harganya beragam mulai dari Rp14.000 yang ukuran kecil plus ongkos kirim. Hanya, perlu hati-hati kalau belanja online, karena kalau harus bayar di muka, bukan tidak mungkin anda akan jadi korban penipuan internet online. Jadi pilihannya adalah beli yang Cash on Delivery atau langsung ke tokonya saja. Akhirnya, ketemu juga orang yang berbaik hati dan bercerita kalau Vaseline 100% Petroleum Jelly ini bisa ditemukan di toko-toko kosmetik, terutama di Pasar Baru Jakarta dengan harga Rp12.000. Wah lebih murah tuh. Jadi karena memang butuh banget karena stok yang lama sudah habis, maka saya langsung ke sana dan malah dapat harga Rp10.000 di toko kosmetik yang lumayan ramai itu. 

Happy the Guinea Pig sudah diolesin Vaseline ini selama 2 mingguan, dan bulunya pada awalnya malah rontok makin banyak. Tapi setelah 2 minggu, mulai tumbuh bulu baru yang putih bersih. Di bagian perutnya yang botak pun sekarang sudah berambut. Jadi tinggal kepalanya aja yang tadinya berketombe malah jadi botak pitak, diolesin lagi sedikit vaseline. 

Happy the Guinea Pig mulai merasa Happy and Beautiful. Haha... soalnya ternyata Vaseline ini lebih dianggap produk kosmetik daripada produk kesehatan. Kalau dibaca lagi di labelnya tertulis fungsinya untuk kulit yang kering dan tergores ringan, untuk luka bakar. Sekarang ditambah lagi sama saya satu fungsinya untuk mengobati gatal-gatal pada Guinea Pig kesayangan anda. Namun pengobatan ini saya sarankan sebagai alternatif saja, karena kondisi setiap marmut berbeda-beda dan perlu perawatan dengan obat dan masa perawatan yang berbeda pula.

Chiel yang menjadi teman sekandang Happy sekarang juga mendapatkan olesan Vaseline ke seluruh tubuh dan wajah dan kepala dan kaki dan telinganya. Ini untuk menghindari penularan dari Happy ke Chiel dan sebaliknya. 

Sementara itu Chiel juga diberi perawatan dengan Bactrim berdosis 30mg per 12 jam (berat badan Chiel 1020gram) untuk mencegah infeksi saluran pernapasan yang mungkin dideritanya bersama Peter (RIP). Pemberian Bactrim berlangsung selama 3 hari.


It's down, it's fun, Yo!

No comments:

Post a Comment