Sunday, January 2, 2011

Guinea Pig Sudden Death - Peter



Peter the Guinea Pig Autobiograph

Date of Adpotion : January 2010
Date of Dead: 2 January 2011, 21:45 pm
Age: 1 year old boar
History of Health: once got Scabies at foot and ear
Weight: 1140 gram


Peter, 1 hour before RIP

28 Desember 2010, berat badan Peter 1140 gram, tidak mengalami penurunan berat badan, malah mengalami kenaikan berat badan dari 1100 gram dari kurang lebih 2 minggu yang lalu. Beberapa hari kemudian selera makannya memang agak berkurang. Di hari yang sama juga terdengar suara bersin, tapi tidak bisa dipastikan siapa yang bersin. 

2 Januari 2011

pagi: kandang dibersihkan diganti dengan bedding yang baru. Selama flooring, Peter masih dengan agresif mengejar-ngejar Chiel, pee dan poo sembarangan. 

siang: masih makan sedikit dan tidur bermalas-malasan, masih main dan ditaruh di atas motor. Dikasih daun kesukaannya masih dilahap.

sore: masih disuruh lari palang kuda, tidak ada tanda-tanda nafas tersengal-sengal, dan masih mau makan rumput.

malam: suara Peter terdengar (ngik ngik ngik) kecil seperti menangis. Detak jantung sangat cepat, terlihat dari badannya yang ngos ngosan. Dikasih makan vitamin ke mulutnya tidak digigit dan juga tidak dimuntahkan keluar. Dikasih minum, dimuntahkan keluar dan belepotan di mulutnya. Vitamin akhirnya berhasil diijejalkan ke mulutnya dan sepertinya tertelan (tidak diketahui apakah tersedak). 

30 menit menjelang RIP: ketika Peter si marmut jantan berusia setahun ini ditaruh di lantai, dia maunya cepat-cepat lari ke kolong bersembunyi. Namun kedua kaki belakangnya sudah lemas, dan jalan diseret-seret. Kedua kaki depan masih bertenaga. Napasnya sudah tidak melalui hidung namun melalui mulut. Ketika ditaruh di kandang, Peter meneteskan air mata (terlihat jelas matanya ada cairan putih). Cairan putih biasanya keluar pada Guinea Pig yang sakit. Namun beberapa hari itu Peter matanya cerah, hanya menjelang ajal, terlihat jelas dia menganis.

5 menit menjelang RIP: Peter kejang-kejang 2 kali di pangkuan saya sampai akhirnya detak jantungnya berhenti total. Kepalanya mulai oleng ke samping. Ketika diangkat dan didirikan, Peter sama sekali tidak bertenaga dan tergolek lemas. Badannya mulai mendingin, matanya sayu namun tidak menutup rapat.



 Good bye Peter, thanks for a wonderful one year of companion.







It's down, it's fun, Yo! (NOT)

2 comments:

  1. Selamat tinggal, Peter, terima kasih sudah berjasa menghibur kami selama satu tahun ini.

    Teman-teman yang tahu ttg gejala di atas tolong beritahu kami di sini, supaya ada pencegahan di lain hari.

    ReplyDelete
  2. saya punya gejala yang sama dan baru terjadi tadi pagi..
    sampe detik ini masih bernafas, namun badannya lemas seperti tidak berdaya padahal 3 jam yg lalu masih normal,

    saya sudah melakukan penelitian sampe sekarang.
    pertanyaannya buat agan, kapan terakhir kali agan mandiin dan jam berapa? dia meninggal jam berapa??

    karena bisa saja hipotesis saya benar

    ReplyDelete