Friday, February 5, 2010

Ada yang aneh dengan Guinea Pig saya

Seminggu bersama saya, Chiel mulai terlihat lebih pendiam, makan pun sangat pemilih. Kalau dikasih makanan baru hanya dicium-cium, mungkin digigit sedikit lalu ditinggal pergi. Tapi kalau dikasih makanan kesukaannya seperti wortel, langsung digigit dan dibawa ke terowongannya supaya gak direbut sama Peter.

Yang saya perhatikan, Peter sudah tidur dan bangun dan makan 3 kali, sedangkan Chiel masih 1x saja keluar makan. Dia anteng sekali di kotaknya.

Setelah saya ajak flooring (dilepas di kertas koran ukuran koran kompas 2 lembar), Peter masih mau berlari-lari sedikit, terutama ikutin Chiel kalau mereka berjauhan. Bahkan beberapa hari terakhir, Peter sempat terlihat popcorning (loncat-loncat dan berlari senang) saat flooring. Dia keluar masuk terowongan dan berlari keliling-keliling. Tapi Chiel tetap saja hanya berjalan sedikit lalu diam di tempat.


Agak mengkhawatirkan juga, karena tubuh Chiel kalau dipegang lebih panas daripada tubuh Peter. Mengingat mereka tidak minum sama sekali dari botol minum. Semoga asupan air tercukupi dari buah dan sayur yang dikasih. Lalu ditemukan lagi kalau Chiel telinganya ada putih-putih seperti kudis. Kudis itu bisa dikorek sedikit yang telah mengering, tapi yang belum tidak bisa, dia bergidik kalau dikorek. Ps: Chiel tidak teriak walau dikorek-korek kudisnya dan dipegang-pegang telinganya.

Sedangkan di 1 kaki Peter ditemukan juga kudis yang mirip. Bisa juga dikorek, tapi yang belum kering ketika dikorek Peter bercicit-cicit. Jadi saya diamkan dulu. Lagipula Peter masih terlihat aktif dan ceria.

Setelah luka saya korek (coba dibersihkan sebersih mungkin), lalu saya olesin dengan minyak tawon. Ini saran dari teman yang memelihara hamster, katanya kalau gatal kasih saja minyak tawon sehari sekali sampai dia sudah tidak garuk-garuk lagi. Oh ya, mengingat gatal, beberapa hari sebelum Chiel mulai pasif, dia memang saya lihat sering garuk-garuk telinga dan badannya (bagian dekat punggung kiri maupun kanan), bahkan bulunya digigit dan ditarik (sepertinya tidak sampai rontok sih). Tapi karena kata penjaga petshop normal-normal saja kalau mereka garuk-garuk, jadi saya hanya beri bedak pewangi hewan. Setelah Chiel pasif, dia lebih jarang garuk-garuk (aneh juga).




2 hari sudah diolesi minyak tawon, belum ada perkembangan yang signifikan. Hanya kudisnya saja mulai berkurang. Semoga bisa bersih total. Kasihan kalau Chiel tidak bersemangat, lalu nanti kalau Peter ketepa gimana???? Semoga tidak!!!!! Baru juga 2 minggu saya pelihara, masa kenapa-napa sih???




Akhirnya berhasil pakai kain fleece!!!!!

Lapisan dari paling bawah sampai paling atas:
1. Kertas koran 2 lapis
2. Pasir zeolite 1-2cm
3. Kertas koran 2 lapis
4. Handuk bekas (yang lebih berbulu biar nyerap air)
5. Kain Fleece (yang sudah dicuci jemur berkali-kali tak terhitung)


Kandang ini bertahan tanpa bau selama 3-4 hari (kurang lebih), dan ketahuan mereka sering pee di mana karena dibagian tersebut koran, handuk dan pasir lebih basah. Semoga lancar pakai fleece seterusnya, karena bersihin pup lebih cepat setiap hari (1-2x) tinggal dikuas ke wadah saja 5 menit selesai. Kalau pakai pasir, dipungutin bisa 15 menitan, cape deh....


It's down, it's fun, Yo!

No comments:

Post a Comment