Monday, March 8, 2010

Chiel the Guinea Pig is AMAZINGLY recovering


 Chiel dengan gejala scurvy (malas bergerak, nafsu makan berkurang) tidak diantisipasi dengan baik.

Chiel yang sakit sejak hampir 3  minggu yang lalu mulai menunjukkan gejala-gejala membaik. Dia mulai nafsu makan lagi walaupun masih tidak selahap dan sebanyak si Peter, namun dia sudah aktif makan. Hal ini dapat dilihat dari hasil produksinya berupa poop yang mulai banyak dan bentuknya lebih besar. Saat krisis, poopnya berbentuk lebih kecil, kurus kering. Walaupun sama-sama berwarna hitam, namun poop seekor Guinea Pig yang sehat lebih segar dan bulat lonjong besar.

Berat badan Peter (Guinea Pig jantan 2,5 bulan sehat = 350 gram)
Berat badan Chiel (Guinea Pig betina 2,5 bulan sakit = 225 gram)

Pengobatan yang dilakukan:
Vitamin C Candyvit C 50-100mg per hari.

Vitamin B1 Enervon C, 10-20ml per hari.
Diberikan 2-4x sehari. (mengingat banyak juga yang terbuang saat disuapin, kemungkinan tidak seluruhnya 100mg vitamin C ataupun 20ml vitamin B1 terserap tubuhnya.) Hal ini disebabkan saat menyuapi makanan dengan menggunakan syringe, banyak yang berceceran. Ditambah lagi Chiel merupakan Guinea Pig yang keras kepala, berontak saat dicekokin makanan apalagi vitamin.

Perkembangan kondisi:
Chiel mulai bisa merangkak, walaupun kalau jatuh telentang, dia masih tidak bisa bangun sendiri. Kalau dibedirikan, dia bisa berjalan pincang-pincang maju sedikit. 2 kaki belakang menunjukkan adanya tenaga. 1 kaki depan masih ditekuk, menunjukkan masih lumpuh. Luka berdarah di 1 kaki depan dan 1 kaki belakang (penyebab kemungkinan besar digigitin sendiri). Pencegahan kaki digigitin kembali dengan mengolesi kakinya dengan minyak tawon.

Kaki mulai bertenaga, mata sayu dan belekkan berkurang


It's down, it's fun, Yo!

No comments:

Post a Comment