Tuesday, March 16, 2010

Chiel the Guinea Pig is hiding in her new hidey








Chiel si marmut yang sakit hampir 1 bulan sudah menunjukkan gejala-gejala membaik. Mungkin masih butuh waktu 1-2 minggu sebelum kembali pulih sepenuhnya. Telinganya juga menunjukkan adanya scabies, semacam putih-putih berkerak, namun bila dilap dengan kain basah bisa hilang, tapi... muncul lagi. Sedang dalam proses diobati dengan minyak tawon dan dibersihkan setiap kali minum vitamin. Karena si bandel ini selalu berontak saat dicekokin vitamin dan belecetan ke badan dan kakinya. Jadi sekalian aja dilap bersih.


 Beberapa hari sebelumnya pernah dicoba dikasih baskom untuk tempatnya bersembunyi tapi Chiel tidak pernah mau masuk ke dalam. Tapi hari ini begitu ditaruh baskom, dia langsung berjalan pincang-pincang sedikit berlari (karena cepat juga gerakannya) masuk ke dalam baskom. Berputar-putar sebentar cari posisi lalu garuk-garuk kemudian tiduran dan akhirnya, super duper rileks memejamkan matanya.


Perhatikan kakinya, ada bekas luka gigitannya sendiri, karena gatal terkena makanan maupun minuman saat lumpuh dulu. Bulu digigitin sampai botak bahkan luka berdarah. Sekarang sudah tidak digigitin dan mulai membaik. Luka macam ini ada di hampir keempat-empat kakinya.





Yang menakjubkan dari proses penyembuhannya ini, dia sudah bisa mengambil pelet dari kotak makan yang disediakan di kandangnya. Jadi pelet tidak perlu disebar-sebar di kandangnya sampai berantakan lagi deh. Mudah-mudahan.... Ini diuji coba dikasih tempat pelet, tempat sayuran dan botol minumnya. Kalau poopnya masih berantakan di mana-mana, poop yang ada di foto sudah dirapikan supaya tidak diinjak-injak atau ditidurin sama Chiel. Bukan karena dia poopnya sudah terlatih loh.
 
 




 
 

 













It's down, it's fun, Yo!

No comments:

Post a Comment