Monday, March 1, 2010

My Guinea Pig is very sick

Chiel, guinea pig saya mengalami scurvy (kekurangan vitamin C) yang cukup parah. Kakinya menekuk, kalau digerakkan akan teriak kesakitan. Semakin hari semakin lumpuh, tidak bisa berjalan, jika saya telentangkan Chiel, dia tidak bisa berbalik badan sendiri. 


 Chiel sewaktu sehat (usia 1 bulanan)

Keterlambatan mendeteksi penyakit ini memang sangat saya sesalkan. Awalnya terlihat Chiel yang lincah ini menjadi semakin pendiam dan nafsu makan berkurang. Bila temannya berlari-lari di kandang, Chiel hanya duduk diam di tempat.

Sebenarnya bukan tidak ada tindakan yang diberikan pada Chiel. Beberapa kali sudah diberikan perasan air jeruk langsung, tapi tidak ada tanda-tanda dia membaik. Sampai akhirnya satu per satu kakinya lumpuh, baru saya memutuskan memberikan vitamin C 50gram setiap hari yang diberikan sehari 2 kali per 25mg. Dan tambahan vitamin B untuk menambah nafsu makannya. Vitamin B terlihat cukup efektif membuatnya mau makan, walaupun dalam kadar yang sangat sedikit. Berat badan Chiel sejak sakit adalah 210gram dan sampai 2 minggu kemudian masih tetap seberat itu. Cukup kurus untuk seekor guinea pig yang berusia 2 bulanan. Sementara temannya Peter, Guiena Pig yang sehat sudah mencapai berat 270gram.


 Chiel lumpuh (usia 2 bulanan)

Dalam 2 minggu lebih perjuangan hidup Chiel sangat kuat, sehingga saya pun sangat tidak tega membuangnya begitu saja. Setiap hari Chiel diberi vitamin C dan vitamin B serta disuapi makanan supaya dia membaik. Yang lebih mengharukan lagi ketika Chiel (bercicit) memanggil orang di rumah yang lewat di depannya, dia meminta disuapi makanan. Makanan yang diterimanya saat ini adalah pelet (beberapa butir saja sehari), jagung (2 potong kecil) dan wortel (1-2 potong kecil), setiap hari kurang lebih takaran yang dimakannya hanya segitu. Andai Chiel bisa makan lebih banyak, mungkin dia akan lebih cepat sembuh. Entah berapa waktu yang diperlukan seekor guinea pig untuk sembuh dari Scurvy, atau mungkinkah bisa sembuh???


It's down, it's fun, Yo!

No comments:

Post a Comment